Pengaya Audio di Ubuntu 18.04

Pengaya Audio di Ubuntu 18.04

Bagi yang suka mendengar lagu baru tentunya ingin agar suara musik yang kamu dengar bisa maksimal. Jika di Windows mungkin kamu pernah mendengar DFX Audio Enhancer, di Linux juga punya banyak apliasi Audio Enhancer, yang terkenal salah satunya adalah Pulse Audio yang kalau menurut saya malah lebih powerfull (Jika kamu bisa menyeting tentunya).

Di Ubuntu sendiri sejak lama sudah ada pengaya Audio seperti Alsaequal, JackEQ, JAMin, JACK Rack with LADSPA effects dan beberapa yang sudah tidak diperbarui.

Kali ini kita akan khusus membahas PulseEffect yang memang saya gunakan sendiri. Silahkan jika berminat mencoba aplikasi lain. Namun perlu diingat, audio enhancer ini hanya boleh dipasang satu saja karena bersifat global di dalam sistem. Jika dipasang lebih dari satu dikhawatirkan bentrok pada audio kamu.

Menurut informasi, bahwa PulseAudio telah masuk sebagai Package bawaan Ubuntu 17.x namun ternyata tidak dikembangkan lebih jauh oleh Tim Web Upd8 di versi Ubuntu 18.x karena itu muncul masalah seperti :

E: [pulseaudio] pid.c: Daemon already running.
E: [pulseaudio] main.c: pa_pid_file_create() failed.

Namun beruntung, ada ‘uwak Mikhailnov’ https://github.com/mikhailnov yang berjasa mengembangkan PulseAudio versi baru dengan nama PulseEffect untuk versi Ubuntu 18.x

Langsung saja kita mainkan.
Sebelumnya, kita perlu memastikan package PulseAudio telah dibuang dari sistem, beserta PPA nya.

sudo apt purge pulseaudio-equalizer
sudo add-apt-repository --remove ppa:nilarimogard/webupd8

Selanjutnya kita proses instalasi PulseEffect yang dikelola PPA Mikhailnov

sudo add-apt-repository ppa:mikhailnov/pulseeffects -y
sudo apt update
sudo apt install pulseeffects

Sekarang buka aplikasi PulseEffect dari Menu Aplikasi Ubuntu.
Jalankan pemutar musik kamu dan coba mulai “Keahlian Sound Engineering” dengan mengatur Equalizer, Bass Enchancer, Gain Audio dan sebagainya.

Demikian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *