SQL Server Bersama Node & Express JS Bag.2

SQL Server Bersama Node & Express JS Bag.2

CRUD

Ilustrasi CRUD (gambar milikĀ sekolahkoding.com)

Sebelumnya kita sudah membahas bagaimana memulai project NodeJS, ExpressJS dan memproses Query SQL yang paling sederhana dengan package Tedious.

Sebagai aplikasi yang berkaitan dengan Database, selayaknya memiliki 4 fungsi dasar, yaitu CRUD (Create, Read, Update dan Delete). Tadinya kita hanya membahas R (Read doang), belum menyentuh CUD Nyak Dhien. Maka pada bagian ke-2 ini kita akan mengekplorasi lebih jauh (macam betooool aje).

Dibagian 1 kita sudah pakai fungsi Read, namun tanpa parameter. Apa maksudnya?

Kita menjalankan query SQL dari kode dan aplikasi akan memberikan hasilnya, Ya itu benar (kalau salah berarti kode error toh?). Namun kode kita sifatnya tentu statis. apa yang ada di query adalah hasil yang kita buat, selaku programmer. Bagaimana jika pengguna aplikasi meminta data user bernama misalnya “ucok”, atau user yang beralamat di “Jl. Baper”?

Tentunya kita harus menyiapkan fungsi Read dengan parameter atau kata kunci. Belum lagi jika pengguna aplikasi ingin menambah, mengubah atau menghapus data. Tugas kitalah untuk melengkapi, sehingga aplikasi menjadi interaktif (Lalala yeyeye!).

Langkah awal, kita akan pergi ke fileĀ controller.js guna menambahkan fungsi Create, Read dengan parameter, Update dan Delete.
Setelah menambahkan fungsi-fungsi tadi, file controller.js akan menjadi :

Kemudian file route.js diubah menjadi :

Untuk mengujinya kita butuh Aplikasi Postman yang terkenal itu. Cara installnya silahkan rujuk ke mbah Google saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *